Lokasi Ardelindo Aples Depok


View Ardelindo Aples in a larger map

Kamis, 30 April 2009

Migrasi ke Aplikasi Desain Grafis Opensource




Ada sedikit info bagi yang mau migrasi aplikasi desain grafis ke linux, aplikasi tersebut opensource dan gratis. Bisa dioperasikan pada platform MS Windows dan Linux. Berikut ini aplikasi desain grafis opensource.

Gimp
Gimp biasa dipergunakan sebagai pengganti Adobe Photoshop, memiliki keunggulan untuk mengolah gambar foto. Memiliki fitur yang amat lengkap terutama untuk filter, mask dan Efek (Script Fu).
Website Gimp: http://www.gimp.org/



Inkscape
Inkscape adalah aplikasi Vector Drawing, bisa kita gunakan sebagai pengganti Adobe Ilustrator. Inkscape sangat mudah di operasikan dan mendukung fitur format SVG (alpha, blend, mark, clone dll). Inscape bersifat multiplatform yang bisa dipasang pada sistem operasi linux maupun MS windows, berlisensi GNU/GPL. Para pengembang sangat aktif melakukan perbaikan - perbaikan dan penambahan fitur Inkscape, penambahan fitur sangat banyak pada versi Inkscape. Tertarik ...? silahkan download di http://www.inkscape.org/ , terdapat pula contoh - contoh galeri inkscape.


Xara Extreme
Xara Extreme merupakan program grafis linux multifungsi yang bisa digunakan untuk menggambar sekaligus menambahkan efek - efek visual seperti shadow, transparency, Specular dan bevel tool dengan sangat mudah, dibandingkan pada Gimp maupun inkscape. Kelemahan Xara Extreme adalah pengendalian editor grafis yang tidak mudah. Xara Extreme bisa kita gunakan sebagai pengganti aplikasi Corel Draw.
Website Xara Extreme: http://www.xaraxtreme.org/


Scribus
Scribus merupakan aplikasi layout publikasi, oleh para desain grafis digunakan untuk membuat hasil akhir seperti desain brosur, cover majalah, banner dll. Scribus bisa kita gunakan sebagai pengganti MS Front Page.
Website Scribus: http://www.scribus.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar